Interpersonal skill
Listening( mendengarkan )
Penelitian oleh
crocker,1978 menemukan faktta bawa dari 300 organisasi yang di teliti,sebagai
besar menempatkan’’listening’’di urutan teratas sebagai syarat manajer yang
berhasil
Hearing vs listening
- Hearing-mendengar suara
- Listening- menangkap makna dr suara yang kita dengar.listening requires paying attention interpreting,and remembering sound stimuli
Active vs passive listening
- Mendengar kan secara pasif,menempatkan diri kita seperti mesin perekam (recorder),semua kata di masukan ke dalam memori (yang penting dan yang tidak,sehingga kita tidak dapat membedakan nya,kita inget apa yang di kata kan nya,tetapi tidak mengerti apa maknany.
- Mendengar secara aktif menuntut kita agar mampu menempatkan diri sebagai pihak yang menyampaikan pesan(empati) , kita harus berkonsentrasi dan mau memahami sepenuhnya isi yang di kemukakan pembicara
Pendengar yang efektif
Ø Make eye contact
Ø Exhibit affirmative head nods and appropriate facial
expression
Ø Avoid distraction or gestures
Ø Ask questions
Ø Paraphrase
Ø Avoid interrupting the speaker
Ø Don’t over-talk
1.kontak mata
Ø Bagaimana perasaan anda ketika melihat orang yang anda ajak
bicara tidak memandang anda,melainkan memandang ketempat lain?.seperti juga
kebanyakan orang lain,anda akan mentafsir bahwa orang tersebut mungkin tidak
tertarik akan apa yg anda bicarakan.anda mendengar dengan telinga anda,namun
orang menilai apakah anda mendengarkan atau tidaK,dengan melihat mata anda.
2.anggukan kepala dan ekspresikan wajah penuh perhatian
Ø Pendengar yang efektif menaruh minat atas apa yang sedang di
ucapkan orang lain dengan member tanda ‘’nonverbal’’
Ø Menganggukan kepala,mmengerutkan wajah tertawa ketika
pembicara mencoba melantarkan humor
,menggeser posisi duduk kea rah pembicara dan sebagainya,dan lain
sebagainya
3.cegah tindakan atau gerakan yang berkesan negative
Ø Ketika anda sedang
mendengarkan pembicaraan orang lain ,jangan terlampau sering melihat atau
melirik kea rah jam,memainkan pinsil,membuka buka halaman buku,atau mengerjakan
sesuatu yang tidak berkaitan dengan isi pembicaraan,tindakan-tindakan tersebut
mengesan kan bahwa anda bosan,atau tidak tertarik pada apa yg sedang di utara
kan pembicara.
4,ajukan
Ø Pendengar yang kritis menganalisis apa yang di dengarkan
nya,dan lalu mengajukan pertanyaan yang relevan.prilaku ini memberikan
keyakinan kepada pembicara bahwa anda memang benar benar mendengarkan.
5 .uraikan apa yang di dengar dengan kata kata sendiri
Ø Misalnya :”anda mengatakan…..(kata kata pembicara)”” apakah
itu artinya adalah…(kata’’ anda sendiri)?” ada dua alas an prilaku ini di
tampilkan.
Ø Pertama:sebagai tanda bawah
Ø Kedua:sebagai tanda bawah anda ingin jangan sampe salah
6.hindarkan menginterupsi atau memotong pembicaraan
Ø Beri kesempatan kepada pembicara untuk menyelesaikan isi
pembicaraan nya.setelah itu baru anda boleh mengajukan pertanyaan atau
memberikan komentar.
Ø Biasakan untuk bersabar mendengarkan pembicaraan orang lain.
7.jangan terlalu banyak bicara
Ø Memang sebagian besar kita lebih suka mengemukakan gagasan
kita ketimbang harus mendengarkan gagasan orang lain.namun ketika kita sedang
dalam posisai sebagai pendengar yang baik,tahan lah untuk tidak banyak bicara.
II.providing
feedback(memberikan umpan balik)
Ø Umpan balik??
Ø Setiap bentuk komunikasi yang di sampaikan kepada seseorang
dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap anda
atau orang lain.
Feedback positif dan negatif
Ø Umpan balik positif lebih bisa di terima dari pada yang
negatif.hal ini bisa di pahami karna sebagian besar manusia lebih menyukai
“good news” ketimbang “bad news”
Beberapa tips pemberian umpan balik
1.fokuskan pada prilaku yang spesifik.hindarkan kalimat
sepeti ini:”prilakumu sangat jelek “ atau “ saya sangat terkesan pada pekerjaan
anda”.
Ø Lebih baik jika kita katakana : “ kemarin anda terlambat
sepuluh menit”atau” laporan keungan yang anda susun mudah di mengerti”
2.jaga agar tetap bersifat ”impersonal”
Ø Upayakan,walau anda dalam situasi marah sekali pun,jangan
mengkritik kepribadian seseorang.mis:” dasar pemalas ,pembohong” atau kata kata
yang menunjuk sifat seseorang.
Ø Lebih baik kritik tindakan nya mis: “dalam satu minggu ini
anda sudah dua hari tidak masuk tanpa
pemberitahuan”
0 komentar:
Posting Komentar